Cara Membuat Running Text di PowerPoint

Sering kita menjumpai di layar televisi terdapat tulisan bergerak dari kanan ke kiri atau sebaliknya. Umumnya tulisan yang ditampilkan adalah informasi atau berita yang perlu disampaikan kepada pemirsa televisi. Tulisan bergerak tersebut kita sebut denganscrolling text. Artikel ini membahas bagaimana membuat scrolling text tampil di bagian bawah slide PowerPoint yang kita miliki.

Langkah pertama menyediakan tulisan yang akan dijadikan sebagai scrolling text. Sebagai contoh tulisan dengan TextBox yang berisi kalimat “Orang Tepat Membuat Sesuatu Menjadi Mungkin“. Beri warna dan efek terentu pada tulisan tersebut sesuai kebutuhan. Posisikan TextBox tersebut dengan acuan horisontal tepat di tengah, dan acuan vertikal di bagian bawah.

Pada Task Pane tampilkan Custom Animation. Tambahkan efek animasi Entrance yaitu “Fly In” dengan pilihan arah “From Right“. Kecepatan animasi gunakan “Very Slow“. Mulai animasi (start) tentukan dengan “Start with Previous“.

Berikutnya tampilkan efek timing dari animation order untuk menentukan perulangan animasi. Pada efek timing ini tentukan perulangan atau repeat “Until end of slide“.

Selanjutnya copy atau gandakan objek textbox tersebut dan objek yang kedua posisikan tepat sama dengan objek pertama.

Pilih objek kedua pada animation order, kemudian ganti efek animasi menggunakan tombol [Change]. Pilih efek Exit yaitu “Fly Out” dengan arah “To Left“.

Sumber :

Tentang Admin

Panohan adalah sebuah desa kecil di kecamatan Gunem Kabupaten Rembang - Jawa Tengah. Menyimpan banyak potensi wisata alam yang belum tergali secara optimal. Sarana transportasi masih menjadi kendala utama untuk menjangkau daerah ini. Melalui blog ini saya mengajak semua pihak untuk mempromosikan potensi wisata alam PANOHAN
Pos ini dipublikasikan di Tutorial. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s