Semen Gresik Bangun Pabrik di Rembang

Nilai Investasi Rp 3,5 Triliun
SEMARANG – Setelah gagal mendirikan pabrik
di Sukolilo, Kabupaten Pati, PT Semen Gresik (SG) berencana membangun pabrik semen di Kecamatan Sale, Kabupaten Rembang.

PT SG diperkirakan memulai pembangunan pabrik itu pada awal tahun 2011 dengan nilai investasi Rp 3,5 triliun.

Gubernur Bibit Waluyo mengatakan, Pemprov Jateng, Pemkab Rembang, dan PT SG tengah membentuk tim pengkaji rencana pendirian pabrik tersebut.
Analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) juga akan segera disusun seiring dengan upaya pembelian lahan milik warga.

”Semoga awal tahun depan sudah bisa dilakukan peletakan batu pertama. Kami bersyukur pemda dan rakyat di calon lokasi pabrik mendukung rencana tersebut,” jelasnya usai sidang paripurna dengan agenda Jawaban Gubernur atas Pendapat Badan Anggaran dan Pandangan Umum Fraksi DPRD Jateng terhadap Nota Keuangan RAPBD Jateng 2011, Rabu (6/10).
Luas 200 Hektare Bibit menambahkan, dia bersama Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jateng Teguh Dwi Paryono telah meninjau calon lokasi pabrik. Lahan di lokasi tersebut tidak bisa ditanami apa pun karena merupakan tanah kapur. Selama ini kapur di lahan itu digunakan untuk bahan pemutih, kosmetik, dan material utama pembuatan semen.

”PT SG juga sudah mengambil bahan dari lokasi itu. Semoga nanti bisa lancar, tak ada lagi halangan yang menghambat pendirian pabrik semen. Pemda dan rakyat setempat mendukung, karena potensinya memang hanya itu dan tidak terlampau mengganggu sektor lain,” katanya.

Dijelaskan lebih lanjut, dibanding Sukolilo, lahan di Sale lebih luas, lebih dari 200 hektare yang merupakan milik warga.

Selain itu ada juga lahan milik Perhutani. Berdasarkan topografi, Pegunungan Kendeng di Rembang satu jalur dengan Sukolilo, sehingga kualitas bahan semen di tempat itu tak berbeda jauh dari Pati.

Pernyataan gubernur tersebut senada dengan komitmen Dirut PT SG Dwi Soetjipto yang menegaskan bahwa manajemen BUMN itu tetap menginginkan Jateng sebagai tempat investasi.

Sumber : Suara Merdeka Cetak

Tentang Admin

Panohan adalah sebuah desa kecil di kecamatan Gunem Kabupaten Rembang - Jawa Tengah. Menyimpan banyak potensi wisata alam yang belum tergali secara optimal. Sarana transportasi masih menjadi kendala utama untuk menjangkau daerah ini. Melalui blog ini saya mengajak semua pihak untuk mempromosikan potensi wisata alam PANOHAN
Pos ini dipublikasikan di Info Koran. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s