Waduk PANOHAN

Desa Panohan sekarang mempunyai wahana wisata baru berupa waduk ukuran sedang yang pembangunannya dibiayai dari dana APBN. Maksud utama dari dibangunnya waduk ini yaitu untuk sarana irigasi yang mengairi desa-desa di sekitarnya. Dengan hadirnya waduk ini diharapkan selain meningkatkan sistem pertanian desa juga mampu memperkenalkan resort PANOHAN ke daerah luar.

Sebenarnya masih perlu pembenahan-pembenahan lagi agar dapat menjadi sarana obyek wisata yang mampu bersaing dengan daerah lain. Ada beberapa sarana pendukung yang belum ada seperti taman di sekitar waduk, perahu wisata air dan kantin. Apabila semuanya itu bisa dilengkapi maka waduk PANOHAN ini tidak akan kalah dengan obyek-obyek wisata daerah lain. Namun demikian saat ini waduk PANOHAN sudah cukup banyak dikunjungi wisatawan lokal yang ingin menikmati wisata alam yang murah meriah. Untuk masuk lokasi hanya dipungut biaya masuk per jenis kendaraan (bukan per orang). Untuk sepeda motor Rp. 1.000,- sedangkan mobil cukup membayar Rp. 2.000,- saja. Dananya dikelola oleh karang taruna yang kemudian disetor ke kas desa. Kawasan waduk menjadi lebih ramai ketika sore hari, kebanyakan yang datang adalah anak-anak muda.

Apabila kita naik sedikit dari lokasi waduk maka akan kita jumpai gua Lamping (Lamping Cave). Apabila kita turun kebawah menyusuri aliran sungai maka kita akan jumpai danau alam (kedung) bernama kedung Guling atau biasa disingkat dung Guling yang tak kalah menariknya (see: Abaout Panohan). Berikut ini adalah gambar-gambar dari waduk PANOHAN.

waduk_panohan_011

Nampak goa batu yang terletak di tepi waduk.

Tentang Admin

Panohan adalah sebuah desa kecil di kecamatan Gunem Kabupaten Rembang - Jawa Tengah. Menyimpan banyak potensi wisata alam yang belum tergali secara optimal. Sarana transportasi masih menjadi kendala utama untuk menjangkau daerah ini. Melalui blog ini saya mengajak semua pihak untuk mempromosikan potensi wisata alam PANOHAN
Pos ini dipublikasikan di Wisata dan tag , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Waduk PANOHAN

  1. futachi-dono berkata:

    kya! Waduk panohan~~
    inget waktu lebaran deh 8D

  2. Salman berkata:

    @ Futachi-Dono: btw orang rembang juga to?

  3. mas rusdi berkata:

    sisp mas teguh sip… He he

  4. mas rusdi berkata:

    pasti…. Tiap lebaran pasti mampir ke waduk panohan……semoga tambah bagus pemandanganya…. Lokasi..

  5. BANG JOE berkata:

    f0t0 n keterangan tak ambil n tk c0pas.
    m0h0n izin

  6. indry berkata:

    kangen ma waduk panohan dah lama gk kstu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s