Upgrade RAM dengan Flashdisk

Besar kecilnya kapasitas RAM (Random Access Memory) berpengaruh pada kecepatan kerja komputer karena RAM berfungsi sebagai tempat menyimpan dan mengolah data serta biasa digunakan sebagai working storage, tempat komputer menjalankan program.

Ketika Anda mengaktifkan aplikasi di komputer maka otomatis akan mengurangi kapasitas RAM yang tersedia. Semakin banyak aplikasi yang kita buka atau melakukan multi-tasking maka kinerja komputer akan semakin melambat karena space RAM akan banyak terpakai. Bahkan apabila space yang ada di RAM terlalu penuh/tidak mencukupi biasanya komputer bisa macet sama sekali.

Nah untuk itu Anda perlu menambah kapasitas RAM yang ada pada komputer Anda. Namun untuk membeli RAM baru pun harganya lumayan mahal apalagi untuk ukuran kantong mahasiswa (anak kost) maupun karyawan dengan standar gaji UMR.

Namun Anda tidak perlu hariwang alias khawatir karena sebenarnya saat ini ada solusi alternatif yang lebih ekonomis (=baca: irit) yaitu dengan memanfaatkan flashdisk yang Anda miliki untuk menambah kapasitas RAM. Semakin besar kapasitas flashdisk maka semakin besar pula kapasitas RAM yang bisa Anda tambahkan. Adapun caranya adalah sbb :

  1. Sebelumnya Anda membutuhkan software eBooster.exe yang bisa di download di internet (cari aja di google). Setelah itu tinggal di-install. Ketika muncul pilihan bahasa pilih saja English karena untuk bahasa Indonesia belum tersedia, apalagi bahasa jawa atau sunda (ga bakalan ada kalee…).
  2. Setelah itu klik “Next” dan pilih “I Agree” untuk menyetujui License Agreement. Klik “Next” untuk memilih folder penyimpanan file dan terakhir pilih “Reboot” untuk restart komputer.
  3. Setelah instalasi selesai, masukkan flashdisk ke port USB komputer/laptop, maka akan muncul dialog box untuk memilih device penyimpanan. Pilih flashdisk dan tentukan size/ukuran yang akan Ada gunakan untuk menambah kapasitas RAM (tentu saja harus disesuaikan dengan kapasitas flashdisk yang Anda miliki), setelah itu klik “Ok”. Maka akan terlihat bahwa RAM pada komputer Anda telah bertambah.

Nah dengan bertambahnya RAM maka Anda akan lebih leluasa donk untuk bekerja multi-tasking yang mengharuskan untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus.

Selamat mencoba ya, semoga berhasil. Eng ing eng…….

 

Sumber: Suara Merdeka Daily Paper.

Tentang Admin

Panohan adalah sebuah desa kecil di kecamatan Gunem Kabupaten Rembang - Jawa Tengah. Menyimpan banyak potensi wisata alam yang belum tergali secara optimal. Sarana transportasi masih menjadi kendala utama untuk menjangkau daerah ini. Melalui blog ini saya mengajak semua pihak untuk mempromosikan potensi wisata alam PANOHAN
Pos ini dipublikasikan di IT. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s