Fenomena : Facebook Fever

facebook_logo2Siapa yang tidak mengenal Facebook, situs jejaring yang belakangan ini begitu terkenal terutama dikalangan para karyawan/pekerja kantoran. Situs ini pertama kali di launch pada th 2004 oleh seorang mahasiswa di Harvard University bernama Mark Zuckerberg. Awalnya situs ini digunakan sebagai sarana komunikasi diantara mahasiswa untuk berbagi informasi seputar kegiatan perkuliahan.

Facebook mulai menyebar ke manca negara sejak th. 2006. Saat ini keberadaannya sudah mulai menggeser eksistensi Friendster yang sudah ada lebih dulu sebelum Facebook. Di Indonesia sendiri awalnya facebook lebih didominasi oleh kalangan pekerja/professional, hal ini mungkin lebih disebakan karena situs jejaring seperti friendster yang dirasa sudah tidak dapat mengakomodir kepentingan mereka. Ditambah lagi dari segi fitur dan tampilan yang ada di friendster lebih banyak mengakomodir kalangan anak-anak muda/teenagers. Namun dalam perkembangannya kalangan anak muda/teenagers/abg sudah banyak juga yang mulai beralih ke facebook. Tentu saja ini tidak lepas dari sifat latah masyarakat Indonesia. Begitu ada sesuatu yang baru dan ngetrend maka mulailah rame-rame ikutan gabung juga meskipun kadang belum paham kelebihan dan manfaatnya.

Saya sendiri sudah menutup account friendster yang saya miliki dan sekarang pindah ke facebook, hal ini semata-mata karena friendster sudah tidak mampu mengakomodir apa yang saya butuhkan. Yang kedua saya merasa bahwa sudah tidak pantas lagi untuk bergabung di friendster mengingat sebagian besar membernya di Indonesia adalah dari kalangan teenagers/abg. Awalnya saya bergabung di facebook karena facebook sudah menjadi kebutuhan kerja, dimana sharing informasi dan pengetahuan banyak dilakukan lewat facebook. Jadi saya pikir jika saya tidak ikut bergabung maka tidak akan dapat menambah pengetahuan atau singkatnya tidak akan tahu banyak hal tentang bidang yang saya geluti saat ini. Ditambah lagi pekerjaan saya mengharuskan untuk selalu berhubungan dengan banyak orang dan facebook menjadi salah satu tool buat saya untuk mengenal lebih banyak orang di tempat kerja.

Para politisi pun sekarang sudah banyak yang memanfaatkan media facebook untuk berkampanye. Bahkan disebut-sebut bahwa facebook menjadi salah satu kunci sukses kemengan Barrack Obama dalam pilpres Amerika.

Facebook menyediakan fitur-fitur yang cukup menarik untuk mengakomodir berbagai kepentingan dengan lebih baik dibadingkan situs jejaring lainnya. Beberapa fitur yang disediakan facebook antara lain yaitu :

  1. Status.
    Fitur ini untuk menampilkan informasi tentang apa yang sedang kita lakukan saat ini sehingga teman atau atasan kita dapat mengetahui aktivitas kita meskipun posisinya sedang berjauhan atau diluar kantor.

  2. Find friends.
    Pada fitur ini kita bisa mencari orang yang mungkin sudah lama lost contact dengan kita. Pencarian ini bisa berdasarkan nama, alamat email, perusahaan tempat kerja, asal sekolah dll. Setelah ketemu kita bisa langsung menambahkannya ke daftar teman. Apabila orang yang bersangkutan sudah mengkonfirmasi permintaan pertemanan dari kita maka kita dapat mengakses profilnya dan dapat langsung berhubungan dengannya.

  3. Massage/Pesan.
    Melalui fitur ini kita bisa saling mengirimkan pesan layaknya email ke orang-orang yang kita tuju.

  4. Note/Catatan.
    Disini kita bisa menulis catatan pendek tentang apa saja, akan tetapi usahakan catatan yang kita tulis tidak berbau SARA, menyudutkan ataupun meyinggung perasaan orang lain. Catatan mengenai hal-hal yang sifatnya pribadi/private juga harus dihindari. Ini lebih kearah human relationship dan privacy Anda karena catatan yang sudah Anda posting akan dapat diakses oleh semua teman Anda di facebook. Pasti ngga mau kan ribut dengan temen sendiri cuma karena ada yang tersinggung dengan catatan yang Anda tulis atau masalah yang seharusnya bersifat pribadi malah menjadi konsumsi umum.

  5. Group.
    Anda dapat membuat grup baru atau bergabung dengan grup yang sudah ada. Pembentukan grup atau community ini biasanya lebih didasarkan pada keinginan untuk menjalin komunikasi dengan orang-orang yang mempunyai kepentingan yang sama, misalnya almamater pendidikan, hoby, pekerjaan dll.

  6. Chatting/Obrolan.
    Anda juga bisa malakukan chatting seperti di yahoo messenger ataupun Mirc dengan teman yang sedang online.

Selain yang saya sebutkan diatas masih banyak lagi fitur yang disediakan facebook yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu. Yang jelas fenomena demam facebook ini sudah menyebar cepat bak virus flu burung. Segala sesuatu yang baru pasti ada dampak positif dan negatifnya termasuk Facebook. Semuanya terserah pada diri kita masing-masing untuk menyikapinya. Dan disini saya tegaskan kembali bahwa Facebook hanyalah Tool, dia bisa digunakan untuk kebaikan dan keburukan, semua tergantung pada kita sebagai user yang memanfaatkan tool tersebut.

Bagaimana dengan Anda, apakah termasuk salah satu dari sekian ratus orang yang sudah bergabung di facebook?

Tentang Admin

Panohan adalah sebuah desa kecil di kecamatan Gunem Kabupaten Rembang - Jawa Tengah. Menyimpan banyak potensi wisata alam yang belum tergali secara optimal. Sarana transportasi masih menjadi kendala utama untuk menjangkau daerah ini. Melalui blog ini saya mengajak semua pihak untuk mempromosikan potensi wisata alam PANOHAN
Pos ini dipublikasikan di Social. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s