Ketika Anda Merasa Tidak Nyaman Dengan Pekerjaan Sekarang

give-upArtikel ini saya kutip dari kompas.com yang menyatakan bahwa 30% karyawan merasa tidak puas atau sudah tidak nyaman lagi dengan pekerjaan yang mereka jalani sekarang. Celakanya mereka hanya mampu menggerutu dalam hati tanpa melakukan apapun. Mereka merasa sudah tidak nyaman, tetapi belum siap untuk pindah kerja. Mereka menganggap bahwa mencari pekerjaan adalah suatu hal yang sulit. Mungkin ada yang sudah mencoba mengirimkan beberapa surat lamaran tetapi tidak ada yang dibalas/tidak pernah ada panggilan sehingga menjadi patah arang. Akhirnya mau bagaimana lagi, ya dibetah-betahin saja toh cari pekerjaan lain juga susah.

Dengan paradigma tersebut secara tidak sadar mereka telah membenamkan diri pada situasi sulit yang mereka ciptakan sendiri. Masih mending ya kalo mereka berusaha untuk mensyukuri apa yang ada sekarang, at least bisa meningkatkan semangat kerja. Yang jadi masalah adalah merasa sudah tidak nyaman dengan pekerjaan sekarang tapi bersyukur juga tidak. Yang ada hanya meggerutu dan menyesali nasib, istilahnya “betah karena butuh”. Inilah yang akan merusak kinerja. Keberadaannya hanya akan menjadi beban bagi perusahaan. Sebenarnya kunci dari permasalahan ini terletak pada seberapa besar tingkat kepercayaan pada diri sendiri. Untuk itu ada beberapa hal yang dapat kita lakukan yaitu :

  1. Bersikaplah realistis.
    Janganlah mencoba untuk menikmati pekerjaan yang sebenarnya Anda tidak suka karena akan menjadi bumerang dikemudian hari. Lakukan sesuatu untuk mencapai apa yang Anda harapkan. DO something!!!
  2. Merubah sikap.
    Cobalah perbaiki dan tingkatkan apa yang selama ini menjadi kelemahan Anda. Hal ini juga untuk mempersiapkan diri jangan sampai Anda terjebak pada situasi yang sama di tempat kerja yang baru nantinya.
  3. Eksplorasi kesempatan tersembunyi
    Buatlah daftar mengenai hal-hal yang Anda sukai dan usahakan untuk mengerjakannya dengan lebih baik dibanding orang lain. Ini akan menjadi nilai lebih bagi Anda.
  4. Cari sisi positif dari pekerjaan Anda
    Temukan dan kerjakan hal-hal yang bersifat positif dari pekerjaan Anda sekarang sehingga pola pikir Anda sedikit demi sedikit juga akan berubah menjadi positif. Ini akan membantu Anda mendapatkan nuansa kerja yang menenangkan.
  5. Identifikasi masalah
    Identifikasi hal apa saja yang membuat Anda tidak nyaman, lalu cobalah untuk menganalisanya apakah Anda masih bisa mentolerir hal tersebut. Hal ini bisa dijadikan pertimbangan apakah Anda cocok apabila pindah ke tempat kerja baru sebelum Anda masuk kedalamnya.
  6. Fokus pada hal yang disukai.
    Berusahalah untuk fokus pada ha-hal yang Anda sukai di tempat kerja meskipun itu kecil/sedikit. Hal ini akan membuat beban kerja terasa lebih ringan dibanding jika Anda hanya memikirkan hal-hal yang anda benci/tidak suka.
  7. Investasi diri
    Bekali diri Anda dengan berbagai skill dan pengetahuan supaya Anda dapat menangkap setiap peluang yang ada. Jangan sampai ketika peluang ada didepan mata tetapi Anda belum siap untuk itu, yang ada malah keburu diambil oleh orang lain.
  8. Bangunlah Networking.
    Manusia adalah makhluk sosial sehingga saling membutuhkan satu sama lain. Jika ingin sukses maka perbanyaklah hubungan dengan orang lain. Di era IT seperti saat ini Anda bisa memanfaatkan fasilitas internet untuk membangun networking, apakah itu mailing list, situs pertemanan, community atau yang lainnya. Saya sendiri mendapatkan pekerjaan baru saya dari sebuah milis yang saya ikuti. Biasanya orang akan lebih memilih berhubungan dengan orang yang mempunyai latar belakang atau kepentingan yang sama. Misalnya seorang alumni UGM ketika butuh karyawan, maka dia akan lebih memprioritaskan orang yang lulusan UGM juga karena merasa lebih mengenal karakter dan kemampuannya.

Yang terpenting yakinlah dengan kemampuan Anda bahwa Anda mampu untuk berkompetisi. Coba Anda pikirkan ketika Anda berhasil masuk ke sebuah perguruan tinggi ternama dengan menyisihkan ribuan peserta yang lain, itu adalah prestasi yang luar biasa. Kemudian anda bisa lulus dengan lebih cepat dan dengan IPK yang cukup bagus ketika Anda belajar bersama orang-orang yang hebat juga. Nah apakah sekarang Anda masih berpikir bahwa Anda tidak mempunyai kemampuan apa-apa? Get up Men.., future is in your own hand..!!!

Tentang Admin

Panohan adalah sebuah desa kecil di kecamatan Gunem Kabupaten Rembang - Jawa Tengah. Menyimpan banyak potensi wisata alam yang belum tergali secara optimal. Sarana transportasi masih menjadi kendala utama untuk menjangkau daerah ini. Melalui blog ini saya mengajak semua pihak untuk mempromosikan potensi wisata alam PANOHAN
Pos ini dipublikasikan di Psychology. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s